• Jam Buka Toko: 08.00 sd 16.00
  • Status Order
  • Tlp: 0274377470
  • SMS/WA: 6283840500999
  • Line : @jogjabatik
  • salesjogjabatik@gmail.com
Terpopuler:

Mengapa harga batik tulis atau cap lebih mahal dari batik printing

10 April 2018 - Kategori Blog

Sering ada pertanyaan dari pembeli, mengapa batik ini bahannya sama tapi kok harganya beda. Jawab kami: karena yg satu batik cap atau tulis, sedangkan yg lain batik printing. Mengapa harga nya beda?

Ngomong-ngomong, sudah bisa membedakan hasi batik tulis, cap, dan printing belum? Mumpung lagi Hari Batik Nasional, yuk kita kenali perbedaan ketiga jenis batik tersebut supaya tidak terkecoh saat lagi asyik belanja batik.

Batik tulis

contoh batik tulis

Batik tulis dianggap memiliki prestise lebih dibandingkan batik cap dan printing. Tak heran jika harga yang ditawarkan pun jauh lebih mahal, sesuai dengan tingkat kerumitan pembuatannya. Pada umumnya, ini ciri khas yang ada di setiap kain batik tulis:

Motif satu dengan yang lain tidak simetris sebab dikerjakan dengan manual. Ukurannya pun tidak akan bisa sama persis.
Warna motif pada kain bagian depan dan belakang sama, sebab proses membatik dilakukan di kedua sisi kain
Memiliki aroma khas karena menggunakan pewarna alami, misalnya kulit kayu teger untuk warna kuning, daun tom dan akarnya untuk warna biru, kulit kayu tingi untuk warna hitam, dan kayu jambal untuk warna cokelat
Ukuran kain tergolong besar, biasanya sekitar 2 x 1,25 meter
Khusus batik-batik kuno, terdapat inisial nama pembatik biasanya terdapat di ujung kain
Harganya mahal dan mencapai jutaan rupiah

 

 

Batik cap

 

contoh batik cap

Bisa dikatakan batik cap berada di antara batik tulis dan batik printing, sebab meskipun menggunakan cairan malam, motifnya dibuat menggunakan lempengan besi dengan ukuran pola yang baku. Pembuat batik tinggal menjaga kesinambungan pola.

Motifnya cenderung sederhana dan berulang
Memiliki aroma cairan malam yang khas
Pilihan motif cukup beragam. Bahkan ada pengrajin batik cap yang menggunakan tokoh kartun anak-anak sebagai motif kain buatannya.
Warna pada kain bagian depan lebih terang atau pekat, sementara bagian belakang lebih tipis
Ukuran kain yang dijual berukuran standar, biasanya 2 x 1 meter

Sebagian warga merayakan hari Batik Nasional pada 2 Oktober dengan mengenakan pakaian batik, termasuk sejumlah pelajar SMA dengan seragam batik sekolah masing-masing. (FOTO: ANTARA/Zabur Karuru)Sebagian warga merayakan hari Batik Nasional pada 2 Oktober dengan mengenakan pakaian batik,
termasuk sejumlah pelajar SMA dengan seragam batik sekolah masing-masing.

Batik printing

contoh batik printing

Karena pamor batik semakin meningkat, para pengusaha melihat celah untuk memproduksi batik printing yang proses dan waktu pembuatannya lebih cepat dan mudah. Tak heran jika akhirnya harga jualnya pun jauh lebih murah dibandingkan harga batik tulis dan batik cap.

RINGKASNYA BEGINI:

– Batik Tulis : antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya agak berbeda walaupun bentuknya sama. Bentuk isen-isen relatif rapat, rapih, dan tidak kaku.

– Batik Cap : antara ornamen yang satu dengan ornamen lainnya pasti sama, namun bentuk isen-isen tidak rapi, agak renggang dan agak kaku. Apabila isen-isen agak rapat maka akan terjadi mbeleber (goresan yang satu dan yang lainnya menyatu, sehingga kelihatan kasar).

– Batik Printing : ornamen bisa sama, bisa tidak, karena tergantung desain batik yang akan ditiru, karena batik printing biasanya meniru batik yang sudah ada, namun yang perlu diketahui tentang warna. Warna batik printing kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaannya satu muka saja.

Perbedaan Proses Pembuatan Jenis Batik Berdasarkan Cara membuat

1. Batik tulis
semua proses dikerjakan secara manual, satu per satu, dengan canting, lilin malam, kain, dan pewarna.

2. Batik cap
digunakan alat cap atau stempel yang telah terpola batik. Stempel tersebut diceupkan ke dalam lilin panas, kemudian ditekan atau dicapkan pada kain. Proses ini memakan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis, karena pada batik tulis pola tersebut harus dilukis titik demi titik dengan canting, sedangkan pada batik cap dengan sekali tekan anda dapat menyelesaikannya.

3. Batik printing atau sablon
pada proses batik ini, pola telah diprint di atas alat sablon, sehingga pembatikan dan pewarnaan bias dilakukan secara langsung. Jadi, proses batik dapat diselesaikan tanpa menggunakan lilin malam serta canting. Dengan demikian, proses hanya akan dan tentu saja memerlukan waktu yang lebih cepat disbanding pada proses batik tulis dan batik cap.

Motif batik printing sangat rapi dan simetris, bahkan tergolong sempurna
Tidak memiliki aroma khas yang santer
Warna batik lebih banyak dan meriah. Sebab, pengusaha batik printing dapat menggunakan pewarna kimia tambahan untuk menghasilkan warna-warna yang diinginkan.
Harganya tergolong murah
Warna kain bagian belakang putih dengan sedikit warna yang tembus dari bagian depan

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *